Berita Terkini

Telah Berdiri Mitra Beasiswa Ekonomi Syariah

Pertumbuhan industri keuangan syariah yang terus meningkatkan, telah memunculkan tantangan baru yaitu, Mis-match kebutuhan Industri Syariah dengan pasar tenaga kerja khususnya yang berketerampilan tertentu. Saat ini lembaga keuangan syariah membutuhkan kurang lebih 200 ribu tenaga kerja untuk menopang industri Syariah dan tahun 2020 jumlah tersebut akan meningkat mencapai hingga 500 ribu orang. Lembaga pendidikan menjadi pihak yang paling berkompeten untuk membantu ketersediaan SDM ini yang perlu didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas, ketersediaan buku referensi dan budaya penelitian yang baik serta ketersediaan berbagai program studi ekonomi syariah di berbagai jenjang pendidikan.

Dewasa ini banyak SMK dan perguruan tinggi yang membuka program studi ekonomi syariah seperti perbankan syariah, akuntansi syariah, asuransi syariah bahkan program studi hukum bisnis syariah. Telah tersedia hampir 40 SMK perbankan syariah di seluruh Indonesia dan 200an lebih perguruan tinggi yang memiliki program studi-program studi ekonomi syariah. Setiap pembukaan program studi ekonomi syariah baru, disambut dengan tingginya mahasiswa baru yang mendaftar. Namun tidak semua mahasiswa ekonomi syariah berasal dari keluarga yang mampu dan tidak semua mahasiswa mampu menyediakan pendanaan yang cukup untuk menyelesaikan penulisan tugas akhir.

Kebutuhan tersebut menjadi kenyataan yang membutuhkan solusi secepatnya. Masyarakat Ekonomi Syariah dalam keputusan Rapat Badan Pengurus Harian medio maret 2014 memutuskan untuk mendirikan lembaga yang fokus, profesional dan berkompeten untuk menyediakan sumber dana beasiswa, mengelola beasiswa dan menyalurkan kepada mahasiswa ekonomi syariah yang tepat. Lembaga tersebut dinamakan sebagai Yayasan Bhakti Masyarakat Ekonomi Syariah atau yang disingkat dengan MES Foundation. Yayasan ini telah mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM serta Nomor Pokok Wajib Pajak.

MES Foundation langsung bergerak cepat untuk menyediakan berbagai program Beasiswa Ekonomi Syariah dalam rangka mendukung peningkatan kualitas sumber daya insani keuangan dan bisnis syariah. Saat ini tersedia 4 program, yaitu Beasiswa Pendidikan Generasi Unggul Ekonomi Syariah, Beasiswa Tenaga Pengajar Ekonomi Syariah, Beasiswa Penulisan Tugas Akhir, dan Beasiswa Penulisan Buku Ekonomi Syariah. MES Foundation  bekerja sama dengan semua pihak individu, lembaga dan perusahaan yang berminat membantu mewujudkan impian banyak pihak untuk menyediakan sumber daya insani ekonomi syariah yang berkualitas. Kesadaran perusahaan terhadap program dan pendanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pendidikan telah berkembang dengan baik khususnya untuk Industri Bisnis dan Keuangan Syariah. Dalam waktu yang tidak lama, telah banyak perusahaan yang bersedia menjadi donatur sehingga dalam tahun yang sama, MES Foundation  sudah dapat menyalurkan beasiswa ekonomi syariah.