Sumber: suvey yang dilakukan penulis buku Amerika terkenal, mark manson.

  1. Menyiapkan dana pension sekarang, bukan nanti! Mulailah menyiapkan dana ini sedini dan sebanyak mungkin. Seperti kata pepatah, dari sedikit akan menjadi gunung. Jika sobat menyiapkan dana pensiun mulai dari sekarang, tentu akan membuat sobat semakin mendekati financially freedom atau bebas dari masalah keuangan. Kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bukan? Entah itu masalah kesehatan, biaya Pendidikan anak, dan pengeluaran tidak terduga lainnya yang berpotensi membuat dompet kita boncos alias kering.
  2. Investasi Kesehatan sekarang, sebelum terlambat Kita pasti sering mendengar nasehat untuk menjaga Kesehatan dengan cara makan dengan benar, tidur teratur, olahraga yang cukup, dan bla bla bla. Tapi, itu semua bukan nasehat mainstream loh! Faktanya, gaya hidup ketika muda juga menentukan kondisi Kesehatan di masa depan. Mungkin bukan 1 atau 2 bulan saja, tapi jangka Panjang seperti 5, 10, atau bahkan 15 tahun kemudian. Jadi, masih ogah-ogahan buat males jaga Kesehatan ga nih? Ingat, ada orang-orang yang kita sayangi dan…akan kita sayangi 😊
  3. Jangan habiskan waktumu dengan orang yang tidak menghargaimu Ketika muda saat di umur 20 tahun-an ini, kita memang menemukan banyak sekali peluang dan kesempatan seperti bertemu dengan orang-orang baru. Memperluas lingkaran pertemanan untuk menambah jejaring. Tapi, semakin tua pada nantinya, kita akan semakin memahami pentingnya kualitas, bukan kuantitas. Jadi, bijaklah mempertahankan mereka yang memperlakukanmu dengan baik dan sama halnya dengan kalian, sobat.
  4. Fokus pada suatu hal; kita tidak bisa memiliki segalanya Memiliki banyak keahlian tentu menjadi keinginan setiap orang terutama kita yang masih berusia 20 an. Tapi, secara tidak disadari, hal itu hanya menghabiskan banyak waktu sehingga kita tidak memiliki keahlian sebenarnya. Fokus menguasai satu atau dua hal akan memperkuat kekuatan dan memaksimalkan kemampuan yang kita miliki. Dengan begitu, di saat umur 30, kita sudah bisa memiliki keahlian bidang tertentu.
  5. Investasi pada keluarga; asset yang sangat berharga! Sejauh sobat akan pergi, entah untuk melajutkan Pendidikan yang lebih tinggi, menjalankan urusan pekerjaan, dll., tentu tidak ada tempat pulang ternyaman selain keluarga. Jangan sampai Ketika sobat terlalu fokus cita-cita yang harus dicapai di umur 30 dan tidak ingat keluarga saat mencapai semua itu, sobat tidak memiliki tempat pulang untuk berbagi kesuksesan sobat

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *