Sumber : Website EHEF Indonesia – ehef.id Penulis Mia Angeline

1.   Pastikan Isinya Lengkap

Surat motivasi harus diisi dengan pengalaman nyata yang bisa dibuktikan seperti hasil studi, pengalaman kerja, pengalaman penelitian, dan tentunya pengalaman lainnya yang  mendukung studi di kampus impianmu nanti.

2.   Paragraf

Tulislah motivation letter kamu dengan menggunakan kalimat sederhana, ringkas, dan menggunakan kalimat aktif daripada pasif. Karena kamu hanya memiliki karakter terbatas, pastikan untuk langsung ke inti dari kalimat pertama.

3.   Terstruktur

Surat motivasi yang baik akan berisi paragraf yang saling terhubung satu sama lain dengan baik dari awal sampai akhir. Misalnya, awali dengan pengenalan diri seperti Pendidikan dan prestasi yang berkaitan dengan studi untuk memberikan perspektif yang lebih jelas tentang siapa kami. Kedua, jelaskan kegiatan yang berkaitan dengan program studi yang dipilih. Ketiga, alasan memilih program studi dan unversitas. Terakhir, jelaskan rencana masa depan kamu.

4.  Menjadi Diri Sendiri

Kamu harus jujur dan menjadi diri sendiri. Semua yang ditulis adalah benar dan tidak mengandung unsur bohong atas apapun yang kamu tulis di motivation letter.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *