Seringkali dibalik alasan mengikuti lomba, kegiatan kerelawanan, dan webinar adalah agar seorang mahasiswa seperti kita memiliki banyak pengalaman yang bisa dituliskan di CV.

Harapannya, agar ketika lulus kuliah mudah mencari kerja. Tapi, seringkali kita masih bingung jika diminta mengirimkan CV atau resume.

RESUME

Resume atau dalam bahasa adalah “kesimpulan”, yaitu,

sebuah dokumen ringkas yang menunjukkan kemampuan, pendidikan, dan pengalaman seseorang.

Penulis diharuskan memfokuskan pada kemampuan terbesar yang dimiliki. Jadi, untuk membuat resume, tidak perlu terlalu panjang.

Cukup satu lembar saja, ya!

Curriculum Vitae

CV, atau curriculum vitae, lebih sering digunakan dalam lingkup akademisi. Seperti ketika sobat MESFo ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Tidak jauh berbeda dengan resume yang berisi informasi kemampuan seseorang, CV mengharuskan penulisnya untuk memberikan informasi lebih detail.

Selain itu, dalam penulisannya, pengalaman harus dituliskan secara kronologis untuk mengetahui track record seseorang. Jadi, wajar saja jika CV terdiri dari lebih dari satu atau dua halaman.

Tapii,

Perlu diingat sobat MESFo, belajar dan berkarya bukan demi CV yang berlembar-lembar ya! Tapi, untuk kualitas diri kita sendiri.

Categories: MesFo Tips

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *