TOEFL

Saat ini TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dijadikan sebagai standar kemampuan berbahasa inggris bagi mereka yang ingin melanjutkan Pendidikan di Amerika dan juga beberapa institusi pendidikan seluruh dunia. Jenis tes TOEFL pun beragam, seperti TOEFL PBT, TOEFL ITP, TOEFL iBT, dll. Namun perlu diperhatikan, jenis TOEFL iBT lebih sering digunakan sebagai persyaratan mendaftar perguran tinggi. Tes nya pun terdiri dari empat bagian; reading, listening, speaking, dan writing. Jumlah skor yang bisa didapatkan sobat MESFo antara 310-667.

IELTS Tidak berbeda jauh dengan TOEFL, IELTS (The International English Language Testing System) digunakan sebaai standar kemampuan berbahasa inggris bagi mereka yang ingin melanjutkan Pendidikan ke luar negeri dan calon imigran yang akan masuk ke Inggris dan atau negara persemakmuran lainnya. Jenis IELTS pun beragam, seperti the IELTS General Training, the IELTS Life Skills, dan yang paling sering diambil adalah the IELTS Academic. Kemampuan Bahasa inggris melalui IELTS diukur melalui skor antara 1 sebagai terendah dan 9 sebagai tertinggi.

TOEIC

Tidak seperti TOEFL atau IELTS yang digunakan untuk keperluan akademik, TOEIC (Test of English for International Communication) lebih difokuskan untuk keperluan pekerjaan. Tes TOEIC terdiri dari 2 (dua) jenis tes yang memiliki pembobotan skor berbeda. Pertama, keterampilan reseptif (reading dan listening) dengan skor antara 10 sampai 990. Kedua, keterampilan produktif (speaking dan writing) dengan skor antara 0 sampai 400. Sobat MESFo bisa mengambil keduanya atau salah satunya, tergantung kebutuhan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *