Muhammad Khozin Ahyar

Lahir di Kota Samarinda, 27 November 1994. Penulis menuntaskan studi S1 di Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Surakarta pada Juli 2017 melalui skripsi yang berjudul Literasi Keuangan Syariah dalam Konteks Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan). Skripsi tersebut kemudian direkomendasikan oleh pembimbing agar dapat dibuat menjadi jurnal untuk dipresentasikan pada kegiatan International Islamic Research Forum (IIRF) yang diselenggarakan oleh IAIN Palangkaraya pada tahun 2017. Alhamdulillah jurnal yang dipresentasikan tersebut mendapat penghargaan sebagai Big 10th Best Paper Award IIRF 2017 pada malam jamuan atau malam anugerah yang diselenggarakan di Rumah Jabatan Walikota Palangkaraya.

Selama menempuh pendidikan sarjana (S1), penulis aktif dalam organisasi program studi perbankan syariah dan juga berkesempatan menjadi asisten laboratorium di FEBI IAIN Surakarta sejak semester 3 hingga semester 8. Selain itu, penulis juga aktif bersama PD MES Surakarta dalam menyukseskan penyelenggaraan event MES yang diselenggarakan di Kota Solo sampai dengan saat ini.

Setelah lulus dari program sarjana di IAIN Surakarta, pada tahun 2018 penulis melanjutkan pendidikannya di Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dengan Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Islam. Penulis lulus pada program magister pada Mei 2020 melalui tugas akhir atau tesis yang berjudul Analisis Pengaruh Variabel Inklusi Keuangan terhadap Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah di Indonesia.

Selama menempuh pendidikan magister, penulis aktif sebagai pengajar pada Mata Kuliah Praktikum Minibanking Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisinis Islam IAIN Surakarta sampai dengan saat ini. Publikasi penulis yang mutakhir adalah Analisis Pengaruh Inklusi Perbankan Syariah terhadap Pembiayaan UMKM Sektor Halal di Indonesia (2019), Halal Industry and Islamic Banking: a Study of Halal Ecosystem Regulation in Indonesia (2020) dan Tantangan Pondok Pesantren Menuju Lembaga Pendidikan Islam yang Akuntabel (2020). Penulis dapat dihubungi melalui email khozinahyar@gmail.com.

Categories: Profil Alumni

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *