Yayasan Bhakti Masyarakat Ekonomi Syariah (MES Foundation) merilis “Journal of Indonesian Islamic Economic Finance Volume 1, Mei 2021” pada Sabtu, 28 Agustus 2021 dan dihadiri lebih dari 50 peserta dari berbagai latarbelakang profesi maupun pendidikan yang berbeda. Jurnal ini merupakan karya perdana yang berisi karya tulis ilmiah terbaik dari alumni MES Foundation. Agenda yang digelar secara virtual tersebut dirangkai dengan pelaksanaan webinar dengan tema “Mengakselerasi Ekonomi Syariah Melalui Karya Ilmiah”.

Hadir membuka acara, Sekretaris Umum MES Foundation; Rizal E. Halim menyampaikan  apresiasinya atas kontribusi karya yang telah diberikan para penulis dalam jurnal MES Foundation tersebut. Harapannya karya tersebut dapat memotivasi pemuda ekonomi syariah untuk semangat berkarya mewujudkan ekonomi dan industri keuangan syariah yang semakin maju dan berkembang.

Terbatasnya literatur ekonomi dan keuangan syariah menjadi momentum yang tepat bagi MES Foundation untuk menjadi wadah bagi alumni penerima beasiswa MES agar dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat luas khususnya dalam publikasi karya tulis ilmiah“. jelasnya dalam sambutan acara Launching Jurnal MES Foundation.

Secara umum, tiga perwakilan penulis “Journal of Indonesian Islamic Economic Finance Volume 1, Mei 2021” diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil karya ilmiah yang telah mereka tuliskan. Jurnal ini mencakup berbagai rekomendasi yang mampu memperkuat berbagai sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, terutama pada sektor ketenagakerjaan, keuangan sosial, dan industri halal life style.

Citra Atrina Sari, Alumni Beasiswa Kepemimpinan tahun 2017 menulis jurnal bertajuk kebijakan sektor ketenagakerjaan dalam industri kelapa sawit. Dalam tulisannya, dirinya menyampaikan status quo dalam praktik kerja di perkebunan sawit yang belum memenuhi 5 (lima) prinsip Maqashid Syariah yang berarti buruh sawit saat ini banyak yang tidak sejahtera. Sehingga depan, perlu diadakannya peraturan perundang-undangan khusus mengenai industri kelapa sawit.

Kedua, Mahfud Roid Fatoni Alumni Beasiswa Pendidikan tahun 2015penulis jurnal mengenai penyaluran dana sosial islam khususnya pada masyarakat marginal dan minoritas. Menurutnya, Inkusifitas penyaluran dana sosial islam harus terus ditingkat karena fakta dilapangan memperlihatkanadanya kecenderungan masyarakat dan Lembaga Amil Zakat yang lebih dominan melakukan karitas ketimbang filantropi.

Terakhir, Ratna Komalasari Alumni Beasiswa Pendidkan tahun 2015 menulis jurnal fokus membahas industri halal life style, khususnya pada produk-produk kosmetik. Dirinya merekomendasikan agar pemasaran produk berlabel halal dapat dioptimalkan dengan menggunakan pendekatan individu dan edukasi urgensi menggunakan produk halal.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *